SahatRj - BLOG: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Agar Laptop Terbebas Dari Virus

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Agar Laptop Terbebas Dari Virus

Posted by smmedia on 6/16/2020

Virus Picture - sahatrj.blogspot.com

Pastinya Teman2 Sahatrj blog sangat kesal dengan virus yang tiba-tiba muncul pada laptop teman2, entah itu berasal dari Flashdisk yang terkena Virus saat dikoneksikan dari komputer atau laptop teman2 yang lain ke laptop kita, Mendownload sebuah Software Bajakan / Ilegal, klik link dari sumber yang tidak dipercaya, atau kalian mencoba koneksi demi koneksi internet public demi mendapatkan yang gratisan.

Kali ini saya akan memberi tahu hal-hal apa yang harus dilakukan sobat Sahatrj blog demi menjaga laptop kesayangan teman2 tetap berfungsi dengan sebagaimana mestinya, agar perangkat tidak terkena Virus yang dapat membuat laptop kalian HANG dan Menimbulkan kerugian bagi teman2 semuanya sehingga pastinya membuat teman2 semua kesal.


GUNAKAN ANTIVIRUS YANG SUDAH TERJAMIN MUTU DAN KUALITASNYA


Ada begitu banyak AntiVirus berkualitas yang dapat teman2 dapatkan dan download melalui situs resmi masing-masing Developer Antivirus seperti McAfee, Avast, Bitdefender, AVG, dan masih banyak lagi. Software tersebut dapat menjadi perlindungan yang cukup baik untuk laptop teman2 dari serangan virus yang dapat merusak perangkat laptop teman2.

Namun tenang saja, bagi kalian yang suka gratisan dan mengharapkan kualitas antivirus yang tidak kalah dengan antivirus yang versi berbayar. Ada juga kok antivirus yang gratisan tapi berkualitas contohnya antivirus buatan Microsoft, yaitu Windows Defender.

Tetapi jika kalian mengharapkan kualitas antivirus diatas Windows Defender, kalian bisa membeli yang versi berbayar dan pastinya terdapat fitur yang tidak ada dalam antivirus yang gratisan.


INSTAL SOFTWARE DARI SUMBER YANG SUDAH DIPERCAYA


Untuk menginstal software yang kalian butuhkan saya sarankan untuk mendownload disitus resminya atau kalian bisa mendownloadnya di Microsoft Store. Karena sekarang sudah banyak sekali software palsu yang isinya terdapat virus yang bisa merusak perangkat kalian, kalian harus lebih berhati-hati dalam mendownload dan jangan tertipu dengan yang gratisan.

Meskipun kalian mendownloadnya di situs resminya, kalian juga harus berhati-hati dan memeriksa format file yang kalian download, pastikan format tersebut kompetibel. Kalian juga diharuskan untuk melihat rating dan juga komentar pengguna lainnya bahwa software tersebut layak untuk didownload dan layak untuk digunakan.



MENGGUNAKAN OS ( Operating System ) VERSI PALING TERBARU

Win10xMacOS Picture - sahatrj.blogpsot.com
Jika kalian pengguna Windows lama, saya sarankan untuk mengupdate ke versi paling baru, karena bisa melindungi perangkat kalian dari Malware yang sangat berbahaya serta memperbaiki bug yang membuat laptop kalian menjadi lemot.

Selain itu, laptop kalian juga akan mendapatkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna lebih terbantu dengan adanya fitur baru tersebut dan pastinya dapat menjalankan software dengan versi yang paling terbaru juga.

Selain pengguna Windows, pengguna MacOS juga harus mengupdate ke versi paling terbaru agar mendapatkan fitur yang sebelumnya tidak ada pada versi OS yang lawas dan pastinya lebih meringankan penggunaan sistem perangkatnya.


SELALU UPDATE SOFTWARE YANG TERDAPAT DIPERANGKAT TEMAN2


Pembaharuan software secara tepat waktu dapat mengatasi bug dan dapat menutup celah keamanan secara tepat dan akurat pada software itu sendiri. selain itu biasanya software terbaru akan terdapat fitur yang baru juga dan pastinya juga menarik untuk digunakan. Selain memperbaiki dan menambah fitur menarik, pembaharuan juga meningkatkan patch keamanan agar tidak ada Malware yang masuk kedalam software tersebut.

Maka dari itu, teman2 harus mengupdate software secara tepat waktu agar software yang teman2 gunakan tetap berjalan dengan lancar pada perangkat laptop dan pastinya mencoba beberapa fitur terbaru yang sebelumnya tidak terdapat pada versi lamanya.


MENGGUNAKAN JARINGAN INTERNET YANG TERPERCAYA

Free Wifi Blok Picture - sahatrj.blogspot.com
Teman-teman harus lebih berhati-hati dalam mengkoneksikan perangkat teman2 dengan jaringan public yang ada disekitar kantor atau komplek ruman teman2, karena bisa saja koneksi tersebut terdapat virus yang sangat berbahaya. Jika teman2 menemukan koneksi internet tanpa password, jangan sekali-kali teman2 mencoba untuk menyambungkan dengan perangkat teman, karena bisa saja itu adalah orang jahil yang ingin menanamkan virus pada perangkat teman2 dengan bermaksud mencuri data2 penting dan pribadi dari teman2 penggunanya.

Mulai saat ini teman2 harus lebih berhati-hati dalam mengkoneksikan internet pada perangkat teman2 miliki, dan disarankan untuk tidak tergiur dengan koneksi internet yang gratisan. Lebih baik menggunakan Koneksi internet dari Handphone teman2 sendiri dengan Istilah Tethering Hotspot dari pada menyambungkan ke koneksi internet yang asal-usulNya tidak begitu jelas.


Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui beserta penjelasan tentang cara melindungi Laptop dari virus berbahaya yang dapat merusak perangkat dan pastinya merugikan diri kalian sendiri, pahami lebih lanjut lagi tentang menjaga Laptop kalian dari virus yang mengancam dan membuat perangkat kalian tetap aman.#Sahatrj Blog
Share This Article :

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment